Mendesain UI/UX menggunakan Figma

Saat ingin belajar UI/UX, Figma bisa jadi salah satu alternatif kamu untuk memulai. Bahkan di dunia professional pun Figma masih sangat digemari dan dapat bersanding dengan Adobe XD dan software UI/UX lainnya.

Keunggulan lain selain berbasis open-source (gratis), kamu juga punya basis komunitas yang membantu menyiapkan berbagai plugin. Hal ini membantu kita dalam tahap mendesain terutama bagian UI seperti icon, asset 3D, remove background, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Figma juga bisa kamu akses melalui browser. Jika darurat, kamu harus membuka Figma, kamu bisa membukanya melalui browser tanpa harus menginstalnya. Praktis bukan? Tapi tentu author lebih menyarankan untuk menginstal versi desktopnya yang bisa kamu instal di situs resminya, disini.

Jangan lupa pastikan Operating System yang kamu gunakan di komputer atau laptop kamu.

figma download

Jika kamu ingin melakukan mirorring saat mendesain UI/UX untuk Android dan IOS, kamu bisa mengunduh bagian berikut

figma mirror devices download

Setelah instalasi selesai, buka Figma lalu klik tombol New untuk membuat design baru

figma new file

Kamu bisa memilah Frame awal, atau prototype apa yang akan kamu desain, Figma sudah menyediakan berbagai ukuran untuk berbagai perangkat. Bahkan, kamu bisa menggunakan ukuran kertas Internasional, yang membuat Figma bisa jadi alternatif software vektor juga!

figma frame devices

Untuk referensi desain UI dan UX kamu bisa banyak belajar dari pinterest atau dribble. Tertarik untuk belajar lebih lanjut? Dunia kerja dan professional sedang gencar loh dengan mencari UI/UX desainer handal.

Kalau kamu membutuhkan Jasa Pembuatan UI/UX untuk aplikasi kamu, kamu bisa menghubungi gamma solusi untuk solusi kamu dalam masalah UI/UX ini ya!

Sekian dulu artikel awal mengenai Figma ini ya, Terimakasih sudah membaca! 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *